Skip to content

Tempat Wisata Tak Biasa yang Hits di Sukabumi, Danau Batu Bacan

Sumber Foto: reresepan.com

13 Februari 2021

Sukabumi,banyakberita.com-Danau Batu Bacan, Objek Wisata di Sukabumi ini berada di Ds. Bojongharjo, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Keunikan dari danau ini adalah airnya yang berwarna hijau dan hal inilah yang membuatnya dinamakan Danau Batu Bacan.

Dulunya danau ini adalah pertambangan batu yang menjadi mata pencaharian masyarakat setempat. Kemudian tiba-tiba air muncul dan menggenangi kawasan tersebut hingga terbentuk sebuah danau.

Danau Batu Bacan hampir sama dengan Danau Biru Bukit Jaddih. Keduanya terbentuk karena bekas galian, yang membedakan keduanya adalah warna air.

Jika air di Danau Bukit Jaddih berwarna biru, air di Danau Batu Bacan berwarna hijau.

Air hijau di Danau Batu Bacan

Lantas kenapa air di Danau Batu Bacan berwarna hijau? Warna hijau di danau ini hadir karena bebatuan yang berwarna hijau yang terkena pantulan sinar matahari. Oleh sebab itu, tempat wisata ini terbilang unik.

Tak hanya warnanya saja yang unik, namun danau ini juga kabarnya tak memiliki air resapan yang keluar dari bebatuan di sekelilingnya.

Air yang berada di danau ini konon kabarnya berasal dari air hujan yang tertampung selama bertahun-tahun.

Danau Batu Bacan ini juga dikenal dengan nama Danau Hijau. Danau yang terkenal berkat media sosial ini memang bukan tempat wisata melainkan lahan tambang zeolit.

Tips saat datang ke Danau Bacan atau Danau Hijau :

  • Harap berhati-hati, karena lokasi ini sebenarnya adalah lokasi tambang zeolit dan bukan tempat wisata
  • Persiapkan kondisi kendaraan dengan baik
  • Beberapa lokasi ada yang rawan longsor, jadi sebaiknya kamu berhati-hati dan tak berada di lokasi yang dipasangi garis polisi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Aplikasi Banyakberita di Playstore

X