Skip to content

PUNYA PENYAKIT BATU GINJAL COBA REBUS DAUN INI

 

Foto ilustrasi

Sukabumi-banyakberita.com- Daun alpukat merupakan daun yang spesial. Ini manfaat daun alpukat untuk kesehatan, efektif menurunkan darah tinggi sampai asam urat.
Banyak manfaat kesehatan yang bisa diambil dari mengonsumsi daun alpukat. Kebanyakan cara mengonsumsinya yakni dengan menjadikannya teh herbal.

Tidak hanya buahnya yang baik untuk tubuh, daun alpukat juga berpotensi mencegah penyakit dan mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat daun alpukat bisa kita dapatkan dengan menggunakan air rebusan daun alpukat.

Berukuran kecil hingga sedang dan berbentuk lonjong hingga elips, daun alpukat rata-rata lebarnya 4-10 sentimeter dan panjangnya 10-30 sentimeter. Permukaan daun bagian atas berwarna hijau tua dan kasar, sedangkan bagian bawah daun berwarna matte dan hijau muda hingga coklat.

Ada urat hijau keputihan yang menonjol yang menjalar pada daun yang berbentuk memanjang dan ramping. Daun alpukat biasanya dipanggang sebelum digunakan.

Aroma daun alpukat seperti perpaduan kacang dan adas manis yang lembut namun memiliki rasa yang sedikit pahit dan tajam.

Daun alpukat secara komersial ditemukan dalam bentuk segar dan kering serta digunakan sebagai obat dan bahan masakan.

Daun alpukat merupakan sumber serat dan antioksidan yang sangat baik seperti fenol dan flavonoid yang memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu, daun alpukat juga mengandung seng, mangan, kalsium, natrium, magnesium, besi, dan kalium.

Mengandung Antioksidan Alpukat dikenal tinggi antioksidan, tetapi daun alpukat memiliki konsentrasi yang lebih tinggi daripada buahnya. Daun alpukat memiliki senyawa yang disebut quercetin yang mampu menghilangkan radikal bebas dari tubuh.

Radikal bebas adalah produk degenerasi yang terjadi secara alami dalam tubuh kita sebagai akibat dari oksigenasi. Antioksidan dalam daun alpukat dapat memperlambat atau bahkan mencegah proses ini terjadi sehingga menjaga tubuh kita lebih sehat.

Mengobati Batu Ginjal

Daun alpukat mengandung alkaloid, flavonoid, dan saponin. Semua ini adalah zat ampuh yang memiliki potensi untuk memecah batu ginjal.

Penelitian menunjukkan bahwa minum 2 cangkir air rebusan daun alpukat setiap hari dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan batu ginjal. Kebanyakan orang melihat hasilnya dalam sepuluh hari.

Menurunkan Glukosa Darah

Seperti kebanyakan teh, antioksidan dan fitokimia dalam teh alpukat membantu tubuh dalam membakar lemak dan glukosa. Hasilnya, teh alpukat sangat baik untuk penderita diabetes tipe 2.

Obati Gejala Asma

Senyawa fitokimia dalam khasiat daun alpukat memberikan relaksasi dan ketenangan di banyak bagian tubuh dan pikiran. Hal ini dapat meredakan sakit kepala, nyeri otot, dan bahkan asma.

Teh dapat mengurangi kekakuan pada otot pernafasan yang menyebabkan gejala asma tidak nyaman. Beberapa pengguna teh alpukat yang holistik merekomendasikan untuk menambahkan satu sendok makan garam per 3 cangkir teh.

Meredakan Sakit Punggung

Sakit punggung merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat diderita oleh siapa saja terutama yang berusia lanjut. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Adeyemi dkk pada tahun 2002 melaporkan bahwa daun alpukat mengandung efek anti inflamasi dan analgesik yang dapat mengurangi nyeri pada beberapa bagian tubuh termasuk nyeri punggung.

Nyeri lambung

Daun alpukat memiliki efek antiulserogenik untuk meredakan maag. Untuk merasakan manfaatnya, Anda seduh tiga sampai enam lembar daun alpukat dengan satu gelas air panas.  Setelah dingin, Anda minum air seduhan daun alpukat tersebut sehari sekali.

Tekanan darah tinggi

Daun alpukat dipercaya efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Sebab, daun alpukat mengandung flavonoid yang memiliki efek hipotensi alias darah rendah.  Untuk merasakan manfaat ini, Anda hanya perlu menyeduh tiga sampai lima lembar daun alpukat dengan air panas. Anda minum air seduhan daun alpukat selagi hangat satu kali sehari.

Itulah 6 manfaat dari daun alpukat yang jarang diketahui,semoga bermanfaat!

ziya/bsa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Dapatkan Aplikasi Banyakberita di Playstore

X