Skip to content

LSM DAMPAL JURIG,SPI DAN FKKT KABUPATEN SUKABUMI TANAM 2000 POHON

 

Sukabumi-banyakberita.com-Kegiatan penanaman pohon kali ini dipusatkan di perbatasan taman nasional gunung gede Pangrango dan Eks PTPN VIII Kadudampit Kabupaten Sukabumi,minggu (9/1/22).

Menurut Ketua LSM Dampal Jurig Jabar, Irvan Azis mengatakan, jenis pohon yang ditanam merupakan prioritas pohon produktif. Jenis buah-buahan seperti Mangga, Pete, Sirsak, Alpukat, Jambu, Jengkol, Rambutan serta jenis tanaman konservasi seperti Ketapang, Kencana, Sengon dan pohon lainnya.

Lokasi yang ditanami ini merupakan lahan gundul dan rawan longsor dan banjir. Nantinya lokasi ini diharapkan bisa menjadi lahan daerah sosial foresti. Lahan ini seluas 10 hektare dan dikelola oleh 500 orang petani penggarap yang meliputi 5 Desa dari 2 Kecamatan tuturnya,

Dua Kecamatan tersebut antaranya Keamanan Kadudampit melingkupi Desa Sukamaju, Cipetir dan Undrus Binangun. Sementara untuk Kecamatan Sukabumi melingkupi Desa Warnasari dan Perbawati.

“kegiatan ini untuk menjaga lahan konservasi sebagai daerah penyangga sumber resapan air untuk wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi yang ada dikawasan bawah kaki Gunung Gede Pangrango,” jelasnya.

Kegiatan turut dihadiri Ketua SPI Daud Rozak Daud, Ketua FKKT Sukabumi Utara Acep Solahuddin, para Kepala Desa dari 5 Desa, Perwakilan kelompok tani serta istimewa turut dihadiri rombongan Staf Kepresidenan,Deputi Pertanian dan Kehutanan RI.

Tujuannya adalah penyelamatan lingkungan hidup dan konservasi alam. Gemar menanam banyak manfaatnya. Pohon buah-buahan ini nantinya bisa menambah ekonomi masyarakat kedepannya. Ini sebagai langkah awal sebagai antisipasi bencana,” jelas Irvan.

Hal serupa diungkapkan Ketua SPI Kabupaten Sukabumi Daud Rozak Ketua yang diamini Ketua FKKT Acep Solahuddin. Keduanya sepakat untuk terus bersinergi dengan siapapun. Hal ini demi turut membantu program pemerintah Pusat maupun Provinsi Jawa Barat.

Melalui Jabar Juara menanam 50 juta pohon ini demi menciptakan alam hijau dan lestari. Khususnya di Kabupaten Sukabumi umumnya Jawa Barat. Kami sepakat dengan Jargonnya LSM Dampal Jurig Jabar itu. Ya, melalui karya nyata bukan dengan kata tapi Kubuktos (nyata) sanes kuwaos najan saeutik tapi mahi dan tetap kritis, koreksi tapi dengan solusi,” pungkasnya.

Somdani/azsa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Dapatkan Aplikasi Banyakberita di Playstore

X