Skip to content

KEBIASAAN BUKA HP PAS BANGUN TIDUR, INI EFEK NYA

 

Foto line today

SUKABUMI-BANYAKBERITAA.COM- Terkadang kita tidak sadar dan Tak sedikit dari kita yang memiliki kebiasan membuka ponsel setiap kali bangun tidur.

Biasanya, hal pertama kali yang dibuka adalah sosial media, berita terbaru hingga email pekerjaan, sehingga bangun tidur langsung memegang handphone .

Namun, apakah hal tersebut memiliki dampak terhadap kesehatan?

Menatap ponsel saat pertama kali membuka mata di pagi hari, ternyata cukup serius berdampak pada otak kita.

Saat bangun di pagi hari, otak akan beralih dari gelombang delta (Saat kondisi tidur nyenyak) ke gelombang theta, yakni semacam kondisi melamun.

Otak kemudian bergerak untuk menghasilkan gelombang alfa yakni kondisi terjaga tetapi dalam keadaan santai dan tidak memproses banyak informasi.

“Keadaan theta adalah waktu yang ideal untuk memasuki pikiran bawah sadar dan memvisualisasikan impian dan membantu Anda untuk mendorong tindakan yang dapat mewujudkan impian itu,” ujar Scientific American seperti dikutip dari Forbes, Minggu (5/9/21).

Tentu, mengecek ponsel saat pertama kali bangun tidur akan menimbulkan beberapa efek negatif.

Terlebih jika Anda membaca sesuatu yang negatif sehingga akan menimbulkan stres dan memicu kegelisahan pada diri kita.

Itu akan memunculkan peluang Anda memulai hari dengan perasaan yang tidak baik dan langsung masuk ke pikiran disaat kita membuka handphone .

“Segera beralih ke ponsel Anda ketika Anda bangun dapat memulai hari Anda dengan cara yang lebih mungkin untuk meningkatkan stres dan membuat Anda merasa kewalahan,” kata Psikiater Dr. Nikole Benders Hadi.

Sebuah studi oleh University of Gothenburg di Swedia juga mengemukakan bahwa frekuensi tinggi ponsel secara langsung terkait dengan peningkatan risiko gangguan tidur dan gejala depresi pada anak-anak muda.

Tetapi, menurut penilitian yang dilaporkan oleh Forbes (4/4/21), dengan meraih ponsel pertama kali setelah membuka mata, otak akan melewati proses theta dan alfa.

Tubuh akan memaksa otak untuk langsung ke tahap delta yakni terjaga dan waspada.

S/a
editor R/p

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Aplikasi Banyakberita di Playstore

X