Skip to content

Jika Tubuh Kekurangan Kolagen, Apa Jadinya?

09 Maret 2021

BanyakBerita.com-Kolagen adalah struktur organik yang membangun jaringan tulang, sendi, otot, dan kulit di tubuh kita.karena Terdapat berbagai jenis protein di dalam tubuh kita.

Salah satu yang paling dominan adalah kolagen, yang selama ini dianggap identik dengan kecantikan karena memang banyak ditemukan di jaringan ikat kulit.

Ternyata faktanya, kolagen bukan hanya berfungsi untuk membuat kulit kenyal dan kencang. Selain itu, ia juga berfungsi untuk membangun jaringan tulang, sendi, dan otot.

Oleh karen itu kekurangan kolagen bisa menimbulkan akibat yang sangat fatal. Apa saja berikut faktanya!

1.Munculnya selulit

Kekurangan kolagen berakibat turunnya elastisitas kulit. Hal ini membuat lapisan lemak di bawah kulit mendorong jaringan ikat yang menyebabkan munculnya selulit.

2.Gangguan pencernaan

Tak hanya berperan di lapisan kulit dan sendi saja, komponen protein ini juga ada di dalam pencernaan kita. Kekurangan kolagen dapat menimbulkan beberapa gangguan pencernaan seperti perut kembung dan minimnya penyerapan sekresi.

3. Kerontokan rambut

Tanda paling mudah diamati saat tubuh kekurangan kolagen adalah dari rambut. Saat kadar kolagen di tubuh kita menurut, nutrisi dari pangkal rambut tidak akan sampai pada folikel yang menyebabkan rambut tampak kusam, tipis, bahkan rontok.

4. Penuaan dini

Salah satu ciri kekurangan kolagen adalah penuaan dini, dimana kulit tampak keriput, timbul garis halus, hingga tampak kusam dan mengendur.

Apalagi dengan Seiring bertambahnya usia memang tak banyak yang bisa dilakukan perempuan untuk menghindari kerutan. Meski demikian, proses penuaan dini bisa ditekan dari segi waktu.

Kalian dapat menemukan kolagen dan fiber di berbagai panganan. Namun, hanya mengandalkan asupan dari pangan saja tidaklah cukup. Anda membutuhkan tambahan asupan kolagen dan fiber dari luar, seperti makanan atau minuman suplemen.

Salah satunya, kaldu dari rebusan tulang. Rebusan tulang mengandung gelatin yang berguna menciptakan kolagen.

Kemudian makanan dari kelas biji-bijian dan jenis kacang juga bisa dikonsumsi secara rutin, seperti kacang kedelai. Protein hewani dari susu atau keju juga membantu menambah asupan kolagen.

Semoga bermanfaat sahabat BanyakBerita!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Aplikasi Banyakberita di Playstore

X