Skip to content

Ini Cara Merawat Mesin Cuci Agar Tak Cepat Rusak

12 Maret 2021

Sukabumi, banyakberita.com– Sulit rasanya apabila mencuci pakaian tanpa mesin cuci. Karena mesin cuci rasanya sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pekerjaan rumah tangga sehari-hari.

Maka dari itu penting bagi kita untuk menggunakan barang lebih lama agar kita bisa memanfaatkan barang sebaik mungkin. Ini tidak terkecuali mesin cuci di rumah yang biasa kita gunakan untuk mencuci pakaian dll.

Melansir dari laman Good Housekeeping UK, Jumat(12/3/2021), sebuah penelitian menemukan, jika Anda mengganti mesin cuci setiap lima tahun sekali, maka dalam dua dekade Anda akan menghasilkan 1,1 ton lebih banyak karbon dioksida daripada jika satu mesin cuci bertahan selama dua dekade penuh.

Pastikan kamu tidak menempatkan mesin cuci di tempat yang lembap karena akan mempercepat kerusakan mesin cuci.

Tempat tertutup dengan sedikit cahaya dan kurang udara juga tidak baik untuk mesin cuci karena akan mempengaruhi suhu mesin pada mesin cuci.

Cara ini dapat dilakukan untuk penempatan mesin cuci 2 tabung maupun 1 tabung.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga mesin cuci agar awet dan tidak mudah rusak. Berikut ini beberapa tipsnya. Yuk simak!

1. Jangan melebihi kapasitas mesin cuci

Hal terpenting yang perlu selalu diingat adalah kita tidak boleh membebani mesin cuci secara berlebihan. Sebab, kelebihan muatan mesin cuci dapat menyebabkan banyak masalah.

“Saat cucian basah, jelas menjadi lebih berat. Untuk menyeimbangkan beban, tambahkan satu atau dua handuk jika Anda mencuci bantal atau selimut tunggal kecil,” kata Ross Ganev dari perusahaan perbaikan peralatan Domex UK.

Karenanya pastikan Anda tidak melebihi kapasitas maksimum mesin cuci.

2. Kosongkan kantong

Mudah untuk menyumbat semua yang ada di mesin cuci saat Anda sedang terburu-buru, tetapi barang-barang kecil yang tertinggal di saku pakaian atau celana seperti koin atau ikat rambut tidak hanya menyebabkan penyumbatan, beberapa juga dapat merusak mesin secara permanen dan bahkan menyebabkan kebocoran air.

Ada baiknya meluangkan waktu untuk memeriksa kantong untuk menghindari perbaikan yang mahal nanti.

3. Cuci bra dengan hati-hati

Tali maupun kawat bra yang kendur saat dicuci dapat menyebabkan kerusakan di dalam mesin cuci. Cuci bra di dalam kantong cucian, sehingga jika tali atau kawat terlepas akan tertahan di dalam kantong. Karena bra adalah barang yang lembut, cucilah dengan siklus pencucian yang lembut untuk menghindari kerusakan yang dapat menyebabkan tali atau kawat lepas.

4. Membersihkan mesin cuci secara teratur

Membersihkan kerak pada mesin cuci secara teratur, serta menggunakan pelembut air di setiap pencucian akan membantu menghentikan pembentukan kerak.

“Jalankan siklus pencucian normal tanpa cucian di tabung menggunakan secangkir besar cuka putih suling atau air perasan jeruk lemon sebagai pengganti deterjen,” saran Katie Mortram dari GHI.

Seberapa sering Anda perlu membersihkan mesin cuci tergantung seberapa keras air di daerah Anda dan berapa banyak pencucian yang Anda lakukan.

Semoga bermanfaat sahabat!

R/p

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Aplikasi Banyakberita di Playstore

X