Skip to content

Ini 5 Fakta Menarik Buah Kurma

Sumber foto happyfresh.id

Sukabumi-BanyakBerita.com-Mengapa,buah kurma banyak muncul di bulan Ramadan?

Itu karena buah kurma merupakan tanaman palma yang kerap diburu orang-orang sebagai santapan buka puasa maupun sahur.

Padahal sebenarnya, kurma juga tumbuh di bulan-bulan lainnya.

Nah Tahukah kalian bahwa mengkonsumsi kurma saat bulan Ramadhan ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan lho sahabat.

Oleh karena itu buah kurma disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai menu berbuka dan saat sahur.

Selain baik untuk tubuh, ini fakta menarik lainnya dari buah kurma, seperti yang dilansir dari Joolies,Jumat 16 April 2021.

1. Buah tertua di dunia

Kurma dianggap sebagai budidaya tanaman tertua di dunia. Legenda Arab bahkan menyebutkan bahwa Tuhan menciptakan tanaman kurma dari sisa tanah dan debu Nabi Adam sehingga kurma pun dipercaya sebagai tanaman tertua di dunia.

Penemuan arkeologi menunjukkan bahwa kurma sudah dibudidayakan bangsa Mesopotamia yang tinggal di antara Sungai Efrat dan Sungai Tigris sejak 5000 SM. Bukti hampir serupa yang berusia lebih 6000 SM juga ditemukan di daerah Arab bagian timur.

2. Medjool sebagai “Raja Kurma”

Kurma memiliki lebih dari 400 jenis di seluruh dunia, salah satunya ada kurma medjool, yang merupakan kurma berbentuk oval dengan daging buah tebal dan warna cokelat muda. Panjangnya bisa mencapai 10-15 cm, lebih besar dibanding jenis kurma lainnya.

Di Maroko, kurma medjool ini disebut sebagai “King of Dates” atau “Raja Kurma”. Hal ini karena kurma medjool hanya disediakan untuk kalangan bangsawan Maroko. Kurma medjool merupakan jenis kurma yang paling mahal karena lamanya proses dari menanam hingga panen.

3. Menjadi simbol negara

Buah manis ini juga digunakan oleh beberapa negara timur tengah sebagai simbol, salah satunya Arab Saudi. Selain itu, juga menjadi simbol kemakmuran di beberapa negara.

Contohnya Negara Oman yang menanam pohon kurma jika mendapatkan bayi laki-laki. Hal ini menjadi bentuk pengharapan agar keluarga terhindar dari kelaparan sepanjang hidupnya.

4. Tumbuh di Coachella

Valley of California
Ada aturan khusus soal proses penanaman hingga panen kurma medjool. Cara penanaman, kurma medjool ditanam di ruangan tertutup. Lalu, pada masa panen, kurma medjool hanya boleh dipetik oleh ahli yang didatangkan langsung dari Timur Tengah dengan tangan langsung karena begitu lembutnya kurna tersebut.

5. Tidak dikerumuni semut

Buah bercita rasa manis biasanya menjadi incaran semut. Namun menariknya, kurma sama sekali tidak dimakan oleh semut, sekalipun sudah diletakkan begitu saja di tempat terbuka.

Cara kamu mencari kurma asli ya yang begini. Tidak dimakan oleh semut. ini bisa menjadi cara membedakan kurma asli dengan kurma yang diberi pemanis buatan.

R/p

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Aplikasi Banyakberita di Playstore

X