Skip to content

Ingin Daging Tetap Segar, Begini Tips Menyimpannya di Dalam Kulkas

10 Maret 2021

Sukabumi, banyakberita.com– Pernahkah kalian membeli daging hingga bersisa? Apakah kalian tahu cara terbaik menyimpan daging adalah didalam kulkas namun dengan cara dan teknik yang benar.

Jika kalian menyimpannya dengan cara sembarang maka daging akan menyeruak keluar dan akan perlahan hilang kesegarannya.

Berbeda dengan cara menyimpannya dengan benar, maka nutrisi yang terkandung didalam daging akan tetap terjaga.

Nah bagi kalian yang mencari-cari bagaimana cara menyimpan daging dengan benar, berikut. Yuk simak!

 Jangan mencuci nya

Biasanya, orang akan mencuci daging sebelum menyimpannya di dalam kulkas. Ternyata, cara ini salah. Air yang meresap ke dalam serat daging dapat membuatnya lebih mudah rusak akibat bakteri atau kuman dalam air yang mengendap.

Selain itu, proses pencucian juga bisa membuat aroma prengus semakin tajam. Jadi, sebaiknya cuci daging jika kamu mau langsung mengolahnya bukan menyimpannya.

Merebus daging dengan garam

Daging yang kamu beli bisa dipotong-potong terlebih dahulu untuk memperkirakan mana yang mau diolah dan mana yang mau disimpan. Untuk yang disimpan, kamu rebus dahulu daging dengan air yang telah ditambahi sedikit garam.

Jangan terlalu lama, kira-kira kurang 30 menit hingga tekstur daging tidak keras. Selanjutnya, tiriskan daging dan diamkan hingga dingin.

Gunakan wadah tertutup

Jika daging sudah dingin, masukkan ke dalam wadah tertutup dan letakkan ke freezer. Supaya lebih aman, kamu juga bisa gunakan wadah tertutup atau kantung plastik berbahan food grade karena wadah ini akan bersentuhan dengan daging dalam waktu lama.

Jangan sampai wadah yang digunakan membahayakan kesehatan. Penggunaan wadah kedap udara juga untuk memastikan aroma daging tidak memenuhi kulkas dan makanan lain di dalam freezer.

Atur suhu kulkas ke 18 derajat celcius

Hal ini dilakukan agar daging menjadi beku. Daging dalam keadaan beku dapat membuat bakteri di dalamnya tidak bereaksi. Inilah yang membuat daging awet secara alami dalam waktu yang lama.

Jangan mencairkan di suhu ruang

Setelah beberapa hari daging disimpan dalam kulkas dan akan diolah, jangan langsung mencairkannya di suhu ruangan. Hal ini dapat membuat bakteri di dalam daging bereaksi akibat terkena udara luar.

Sebaiknya, pindahkan dulu saja daging ke bagian lain dari kulkas selain freezer. Bisa rak yang suhunya lebih rendah agar daging mencair tanpa kehilangan suhu dinginya.

Nah itu dia beberapa tips cara menyimpan daging yang baik dan benar ya, Semoga bermanfaat sahabat!

(A/zs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Aplikasi Banyakberita di Playstore

X